Mengenal Lebih Dekat Foot Traffic: Definisi Hingga Manfaatnya 

Mengenal Lebih Dekat Foot Traffic: Definisi Hingga Manfaatnya 

Dapat dikatakan bahwa jumlah pengunjung atau foot traffic adalah salah satu faktor kunci dalam kesuksesan bisnis yang memiliki toko fisik. Jumlah pengunjung ini merupakan indikator yang memungkinkan bisnis untuk memahami seberapa banyak orang yang masuk dan berkunjung ke toko mereka. Semakin banyak orang yang mengunjungi toko, maka semakin besar pula penjualan. Di dalam artikel ini kita akan membahas tuntas semua hal yang berkaitan dengan foot traffic seperti pengertian dan manfaatnya bagi bisnis. Simak terus ya!

Apa Itu Foot Traffic

Foot traffic adalah istilah bisnis yang mengacu pada jumlah orang yang masuk atau berada di sekitar suatu lokasi tertentu, seperti toko fisik ritel, pusat perbelanjaan, dan sejenisnya.

Foot traffic, atau yang juga dikenal dengan sebutan customer traffic, merupakan salah satu pengukuran penting dalam bisnis. Kehadiran pelanggan yang banyak cenderung membawa peningkatan penjualan dan pendapatan.

Namun, penting diingat bahwa meskipun banyak pengunjung datang ke toko, tidak semua dari mereka pasti membeli produk. Oleh karena itu, bisnis sebaiknya menawarkan produk yang bermanfaat dan menarik, serta memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan untuk mendorong mereka berbelanja.

Bisnis bisa menghitung jumlah pengunjung dengan dua cara yakni secara manual menggunakan alat hitung dan secara digital dengan kamera.

Manfaat Foot Traffic untuk Bisnis

Data foot traffic memberikan informasi yang berguna untuk mengambil keputusan bisnis. Contohnya, dengan menggabungkan data foot traffic dan total penjualan, bisnis dapat mengetahui  hari apa toko memiliki banyak pengunjung, sehingga bisnis bisa menyesuaikan jadwal berdasarkan informasi ini.

Berikut ini keuntungan lainnya yang dari foot traffic unntuk bisnis yang perlu bisnis ketahui dan pertimbangkan;

Mendapatkan insights tentang pelanggan

Manfaat pertama bagi bisnis adalah mendapatkan pemahaman yang berharga tentang pelanggan mereka. Foot traffic memberikan informasi penting tentang pelanggan, seperti berapa lama mereka menghabiskan waktu di toko dan kapan mereka cenderung mengunjungi toko. 

Dengan memahami pola dan perilaku pelanggan, bisnis dapat membuat promosi atau campaign untuk menarik pelanggan baru dan meningkatkan penjualan produk atau jasa mereka.

Beberapa data tentang konsumen yang bisa dapatkan dari foot traffic antara lain;

  • Mayoritas konsumen berasal dari mana, apakah mereka lokal atau dari kota lain?
  • Waktu dan hari konsumen datang ke toko.
  • Lama waktu yang dihabiskan konsumen di toko dan berapa lama sebelum mereka memutuskan untuk membeli barang.
  • Jenis produk yang disukai oleh konsumen dan berapa banyak produk yang mereka beli.

Menilai keberhasilan strategi pemasaran

Bisnis dapat melihat pola Foot traffic untuk memahami efek dari upaya pemasaran atau kampanye yang mereka lakukan. Contohnya, jika jumlah pengunjung toko meningkat setelah menggunakan iklan online yang ditargetkan, dari data ini bisnis dapat menilai keberhasilan strategi tersebut.

Menyusun jadwal kerja untuk staf toko

Foot traffic memberikan informasi mengenai kapan toko ramai dikunjungi. Dari data ini, bisnis dapat merencanakan jadwal kerja staf. Sebagai contoh, dapat menetapkan lebih banyak staf di area penjualan produk pada jam-jam sibuk atau waktu belanja, dan mengurangi jumlah staf pada periode sepi. Dengan demikian, bisnis dapat memastikan ketersediaan staf yang cukup saat ada banyak pelanggan dan mengurangi biaya operasional pada jam-jam sepi.

Perencanaan inventaris produk yang lebih baik

Foot traffic memungkinkan bisnis membuat proyeksi penjualan berdasarkan aktivitas konsumen. Misalnya, jika konsumen secara konsisten membeli produk tertentu, bahkan di luar jam sibuk, bisnis dapat menyesuaikan stok produk tersebut untuk menghindari kehilangan penjualan dan kehabisan stok.

Menemukan potensi perumbuhan

Jika bisnismu berencana untuk berekspansi dengan membuka toko atau cabang baru untuk meningkatkan pendapatan, memperhatikan foot traffic di toko yang sudah sukses dapat membantu menentukan lokasi terbaik di kota-kota tier kedua dan tiga. Gunakan data dari perilaku konsumen dan kebiasaan berbelanja mereka sebagai dasar perencanaan ekspansi.

Cara Meningkatkan Foot Traffic

Meningkatkan foot traffic tidaklah mudah, terutama bagi bisnis dengan toko fisik. Bisnis perlu memiliki kehadiran online yang kuat untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk mereka. 

Membuat situs web dengan desain menarik dan aktif di media sosial dapat membantu membangun dan memperkenalkan merek bisnis. Menambahkan lokasi toko ke Google juga penting, karena menurut Cazbah.net, 68% pencarian lokal diakhiri dengan pengguna mengklik “Petunjuk Jalan (Get Directions)” atau “Click to Call.”

Selain itu, bisnis juga dapat mengadakan acara di dalam toko untuk menarik pelanggan masuk dan berkunjung. Tergantung pada jenis toko, bisnis dapat menyediakan sampel produk gratis, demonstrasi, sesi pelatihan seperti latihan makeup, atau kegiatan lainnya. Sebagian dari pengunjung mungkin akan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan setelah mengikuti acara tersebut. 

Cara lainnya adalah memilih lokasi dengan kepadatan penduduk tinggi atau banyak aktivitas, seperti area perkantoran atau perumahan. Dengan berada di lokasi strategis, peluang untuk mendapatkan kunjungan ke toko tersebut akan meningkat.

Temukan Lokasi Terbaik untuk Ekspansi Toko dengan LOKASI Intelligence

Sebelumnya disebutkan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan foot traffic di toko fisik adalah dengan membuka toko atau cabang di lokasi strategis yang memiliki tingkat lalu lintas yang tinggi.Namun, mencari lokasi ini secara manual dapat memakan banyak biaya dan waktu untuk survei. Untuk mempermudahnya, bisnis dapat menggunakan LOKASI Intelligence.

LOKASI Intelligence adalah platform analisis geospasial dan location intelligence yang memudahkan bisnis untuk mencari lokasi optimal guna membuka toko atau cabang. LOKASI juga dilengkapi data seperti data demografi, mobile data, dan people density untuk membantu bisnis memahami perilaku konsumen. 

Pelajari lebih lanjut bagaimana LOKASI Intelligence dapat membantu bisnis dengan hubungi email : [email protected] atau WA : 087779077750

FAQ

Apa yang dimaksud dengan foot traffic dalam bisnis?

Foot traffic adalah istilah bisnis yang mengacu pada jumlah orang yang memasuki atau berada di sekitar suatu lokasi tertentu, seperti toko fisik ritel, pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

Apa saja manfaat foot traffic bagi bisnis?

Manfaat foot traffic  untuk bisnis adalah mendapatkan insights tentang pelanggan, menilai keberhasilan strategi pemasaran, menyusun jadwal kerja untuk staf toko, perencanaan inventaris produk yang lebih baik, menemukan potensi perumbuhan.

Bagaimana cara meningkatkan foot traffic?

Untuk meningkatkan foot traffic, bisnis dapat memanfaatkan sosial media guna meningkatkan kesadaran target audience terhadap brand dan produknya. Selain itu, mengadakan acara di dalam toko juga dapat menarik pengunjung dan memicu minat pembelian. Cara lainnya adalah dengan membuka toko di lokasi strategis.

About Author

Related Posts