Begini Cara Data Lokasi Meningkatkan Customer Engagement 

Begini Cara Data Lokasi Meningkatkan Customer Engagement 

Data lokasi memainkan peranan penting dalam bisnis, termasuk dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan. Sebuah penelitian dari perusahaan Blis menemukan bahwa 70% marketer menggunakan data lokasi seluler untuk customer engagementLokasi data membantu bisnis memahami bagaimana pelanggan berperilaku, yang nantinya bisa digunakan untuk membuat pelanggan lebih tertarik dan terlibat dengan bisnis tersebut. Di dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana data lokasi bisa digunakan oleh marketer dan pelaku bisnis untuk meningkatkan customer engagement mereka. 

Apa Itu Customer Engagement?

Customer engagement artinya cara bisnis menjalin hubungan dengan pelanggan mereka untuk meningkatkan loyalitas dan kesadaran brand. Ini dapat dicapai melalui marketing campaign, konten di situs web, serta berinteraksi melalui media sosial, dan lainnya.

Meningkatkan customer engagement dapat dilakukan dengan menyajikan konten yang cocok melalui marketing dan engagement campaign yang mendorong pelanggan berinteraksi. 

Customer engagement yang sukses dapat menciptakan keterlibatan pelanggan yang kuat, memperpanjang masa aktif pelanggan, mempertahankan kesetiaan pelanggan, menarik pelanggan baru, serta membantu bisnis memahami harapan dan kebutuhan pelanggan.

Mengapa Customer Engagement Penting untuk Bisnis?

Menurut Gartner, 80% pendapatan bisnis di masa depan akan berasal dari 20% konsumen yang sudah ada. Ini menunjukkan betapa pentingnya customer engagement. Berikut ini keuntungan yang didapat dari strategi ini yang berhasil. 

Memangkas biaya customer acquisition

Biaya untuk mendapatkan pelanggan baru lebih tinggi daripada biaya untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Dengan melibatkan pelanggan melalui strategi Customer Engagement, perjalanan pelanggan dapat diperpanjang meskipun setelah interaksi atau pembelian pertama, ini dapat mengurangi kemungkinan pelanggan berhenti berlangganan. Pelanggan yang terlibat cenderung membeli layanan lagi di masa depan.

Menjangkau audiens yang lebih luas

Bermanfaat dalam menambah jumlah pelanggan bisnis dan mencapai lebih banyak orang. Dengan menyediakan konten yang bermanfaat dan relevan melalui berbagai saluran, bisnis dapat menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka tetap tertarik.

Contohnya, untuk promosi merek peralatan bayi, bisnis dapat menyediakan buletin berisi informasi seputar bayi seperti tips parenting, resep makanan sehat untuk bayi, diskon, dan lain-lain. Dengan cara ini, bisnis dapat dianggap sebagai ahli di industri tersebut, membangun pelanggan setia, dan meningkatkan pengaruh brand.

Mempercepat siklus pembelian

Customer engagement membantu bisnis mempercepat proses pembelian dan mengubah calon konsumen menjadi konsumen yang sebenarnya. Strategi customer engagement yang terencana dan dilaksanakan dengan baik dapat memberikan informasi, pendidikan, dan memenuhi kebutuhan calon pelanggan, sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian mereka.

Sebagai contoh, bisnis yang menyediakan layanan perangkat lunak (Software as a Service/SaaS) dapat mengadakan webinar gratis dan sesi demo untuk memberikan pengetahuan kepada calon pelanggan tentang fitur dan keuntungan dari aplikasi tersebut.

Bagaimana Data Lokasi Bisa Mendorong Customer Engagement?

Data lokasi dapat membantu meningkatkan customer engagement dengan mempromosikan penawaran yang relevan. Namun, penting untuk dipahami bahwa pemasaran yang efektif bergantung pada pemahaman bisnis terhadap target audiens mereka, memahami bagaimana produk yang ditawarkan dapat mengatasi masalah konsumen, dan menyampaikan pesan yang tepat di waktu yang tepat.

Untuk memahami hal-hal tersebut, bisnis perlu memiliki data demografi, yang mencakup informasi seperti usia, etnis, status pernikahan, pendapatan, pekerjaan, dan lainnya. 

Menggabungkan data demografi dengan data lokasi, seperti data mobile, dapat memberikan bisnis profil konsumen yang lebih lengkap dan mendalam.

Dengan cara ini, bisnis dapat membuat daftar dan mengelompokkan audiens berdasarkan gaya hidup mereka, seperti anak muda yang suka mode terbaru, pensiunan, dan sejenisnya. 

Informasi ini dapat dimanfaatkan oleh marketer dan bisnis untuk menciptakan konten dan campaign yang sesuai dengan masing-masing kelompok atau segmen. Sehingga dapat meningkatkan keterlibatan dengan konsumen.

Dapatkan Data Lokasi Lengkap di LOKASI Intelligence

Data lokasi bukan hanya berguna untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan meningkatkan pengalaman pelanggan, tetapi juga dapat membantu bisnis menemukan lokasi terbaik untuk menempatkan papan iklan mereka, sehingga dapat menjangkau lebih banyak audiens.

Data lokasi ini bisa didapatkan bisnis di LOKASI Intelligence.

LOKASI Intelligence adalah platform geospasial analitik yang dilengkapi dengan data lokasi yang komplit dan komprehensif. Data ini termasuk data demografi, mobile data, point of interest, sosial ekonomi status, kepadatan penduduk, dan lain sebagainya.

Pelajari lebih lanjut bagaimana LOKASI Intelligence dapat membantu bisnis dengan hubungi email : sales@bvarta.com atau WA : 087779077750

FAQ

Apa itu customer engagement?

Customer engagement adalah cara bisnis membangun hubungan dengan pelanggan untuk meningkatkan kesetiaan dan kesadaran brand Ini bisa dilakukan melalui kampanye pemasaran, konten di situs web, interaksi di media sosial, dan lain-lain.

Mengapa Customer Engagement penting?

Penting karena dapat membantu memangkas biaya customer acquisition,menjangkau audiens yang lebih luas, mempercepat siklus pembelian, dan lain sebagainya.

 

Apa saja cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan engagement?

Untuk meningkatkan engagement, bisnis bisa menggunakan data lokasi guna memahami perilaku pelanggan, sehingga bisa dan memberikan memberikan konten dan penawaran yang relevan untuk masing-masing segmen konsumen. 

About Author

Related Posts